PENERAPAN STRATEGI WORD OF MOUTH MARKETING PADA SALON KECANTIKAN
Abstract
Kajian dilaksanakan secara kuantitatif. Dimaksudkan untuk mendeteksi efek simultan dan parsial elemen-elemen strategi word of mouth marketing yang terdiri dari pembicara, topik, alat, partisipasi, dan pelacakan terhadap keputusan pembelian jasa kecantikan Salon Yohana. Juga bermaksud mendeteksi elemen strategi word of mouth marketing yang teramat berefek terhadap keputusan pembelian jasa kecantikan Salon Yohana. Cronbach’s Alpha 0.907 sehingga angket sangat reliabel. Analisis Regresi Linier Berganda mengindikasikan pembicara merupakan elemen yang memiliki koefisien regresi terbesar dan satu-satunya yang bertanda positif. Dari Uji F terdeteksi efek simultan elemen-elemen pembicara, topik, alat, partisipasi, pelacakan terhadap keputusan pembelian jasa kecantikan pada Salon Yohana. Uji t menunjukkan bahwa hanya elemen pembicara yang terdeteksi memiliki efek parsial terhadap keputusan pembelian jasa kecantikan pada Salon Yohana, sementara elemen lain terdeteksi tidak memiliki efek parsial. Pembicara merupakan elemen yang teramat berefek terhadap keputusan pembelian karena memiliki nilai thitung terbesar dan koefisien regresi yang jugater besar. R2 76% mencerminkan pembelian jasa kecantikan pada Salon Yohana terefek dari elemen-elemen strategi word of mouth marketing pembicara, topik, alat, partisipasi, pelacakan, sedangkan 24% dipengaruhi hal lain yang tidak dimasukkan ke dalam model misalkan kualitas jasa, harga, tempat, proses yang dilaksanakan, maupun kepercayaan sehingga masih memerlukan kajian lebih lanjut untuk memberikan nilai tambah.
Downloads
References
[2] G. Fieldren and M. Megawati, “Pengaruh Promosi Penjualan Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Salon Kecantikan Ali Tattoo Sulam Di Palembang,” Publ. Ris. Mhs. Manaj., vol. 5, no. 2, pp. 176–183, 2024, doi: 10.35957/prmm.v5i2.7771.
[3] T. N. Amirah, M. Iqbal Fasa, and Suharto, “Pengaruh Strategi Pemasaran (Word Of Mouth) Terhadap Keputusan Nasabah Memilih Produk Di Bank Syariah,” An-Nisbah J. Perbank. Syariah, vol. 4, no. 1, pp. 39–58, 2023.
[4] A. Dinda Prameswari and Onny Fitriana Sitorus, “Implementasi Strategi Pemasaran Word Of Mouth Pada UMKM Kuliner Jakarta Timur,” J. Niara, vol. 16, no. 3, pp. 513–519, 2024, doi: 10.31849/niara.v16i3.15267.
[5] S. Dewi and I. I. Wahyuni, “Strategi Word of Mouth Pada Program Emina Girl Gang Ambassador,” J. LINIMASA, vol. 3, no. 1, pp. 57–80, 2020.
[6] K. Kusumayanti and A. Novel Haniif, “Pengaruh Word of Mouth Terhadap Keputusan Memilih Kuliah Jurusan Manajemen Bisnis Syariah Di Institut Agama Islam Abdullah Said Batam,” J. AL-AMAL, vol. Vol. 2, No. 1, no. E-ISSN: 2964-9900, pp. 58–65, 2023.
[7] Lisa Sulistiawati, G. Guasmin, and Cahyaning Raheni, “Strategi Pemasaran Melalui Word Of Mouth (WOM) terhadap Penjualan Daging Sapi Usaha Dagang Pak Kasman Desa Kotapulu Kecamatan Dolo,” J. Kolaboratif Sains, vol. 5, no. 7, pp. 441–449, 2022, doi: 10.56338/jks.v5i7.2598.
[8] R. H. Jan, F. A. L. Niu, and P. O. Mokoginta, “Strategi Pemasaran: Implementasi Promosi Word of Mouth Terhadap Minat Nasabah Memilih Produk Bank,” J-MAS (Jurnal Manaj. dan Sains), vol. 8, no. 1, p. 310, 2023, doi: 10.33087/jmas.v8i1.990.
[9] B. Bismoaziiz, U. Suhud, and S. Saparuddin, “Influence of Social Media Marketing, Electronic Word of Mouth and Consumer Engagement To Brand Loyalty in Indonesia Grab Company,” Int. J. Bus. Soc. Sci. Res., vol. 2, no. 2, pp. 16–26, 2021, doi: 10.47742/ijbssr.v2n2p3.
[10] R. N. Arafah and S. Subali, “Pengaruh Word Of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Pada Konsumen Angkringan Cahsaiki Bekasi,” J. Pendidik. Ekon., vol. 11, no. 3, pp. 361–367, 2023, doi: 10.26740/jupe.v11n3.p361-367.
[11] T. Inayati, M. J. Efendi, and A. S. Dewi, “Pengaruh Digital Marketing, Electronic Word of Mouth, dan Lifestyle terhadap Keputusan Pembelian pada Marketplace Shopee Indonesia,” J. Teknol. dan Manaj. Ind. Terap., vol. 1, no. 3, pp. 202–209, 2022, doi: 10.59966/bisma.v1i04.398.
[12] M. Karina, F. Hernaningsih, and R. Rivanto, “Strategi Pemasaran Dengan Pemanfaatan Fenomena Viral Dan Komunikasi Electronic Word of Mouth Melalui Sosial Media Di Indonesia,” J. Ilm. Manajemen, Ekon. Akunt., vol. 6, no. 3, pp. 924–942, 2022, doi: 10.31955/mea.v6i3.2506.
[13] A. Fauzi and K. Hidajat, “Sosialisasi Strategi Pemasaran dalam Mengembangkan Produk Kewirausahaan dengan Implementasi Word of Mouth di RW 08 Sunter Agung,” J. Abdimas Bina Bangsa, vol. 5, no. 1, pp. 505–514, 2024.
[14] E. Irawan, “Konsep Strategi Word of Mouth Marketing dalam Peningkatan Pengembangan Bisnis : Suatu Tinjauan Literatur,” SAMMAJIVA J. Penelit. Bisnis dan Manaj., vol. 1, no. 3, pp. 293–303, 2023.
[15] B. M. Putra and R. Destiwati, “Penerapan Strategi Word of Mouth Mrd Production Dalam Mendapatkan Konsumen,” e-Proceeding Manag., vol. 7, no. 2, pp. 7259–7267, 2020.
[16] A. V. I. Fachreza and Soebiagdo, “Analisis Deskriptif Kualitatif Implementasi Word of Mouth Dalam Komunikasi Pemasaran Produk Brookland Coffee,” J. Ekon. Kreat. dan Manaj. Bisnis Digit., vol. 3, no. 2, pp. 105–116, 2024.
[17] A. A. Rhamadanti and V. Ardia, “Implementasi Word of Mouth Marketing PT Satu Bintang dalam Mendapat kepercayaan Klien,” J. Komun. Univ. Garut Has. Pemikir. dan Penelit., vol. 10, no. 1, pp. 67–83, 2024.
[18] D. Safitri, R. Sudirman, and S. A. B. P. Angin, “Pengaruh Word of Mouth, Lokasi Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Pada Warung Seblang Di Kecamatan Singojuruh Banyuwangi,” J. Ilm. Manajemen, Ekon. Akunt., vol. 8, no. 1, pp. 2125–2146, 2024, doi: 10.31955/mea.v8i1.3946.
[19] A. Yusuf, A. Firdaus, and L. Yuliana, “Pengaruh Reputasi Merek dan Kesadaran Merek Terhadap Keputusan Pembelian Produk Air Minum NU Berkah,” vol. 2, 2024.
[20] J. Tee, R. Erdiansyah, and S. Aulia, “Pengaruh Word of Mouth dan Brand Awareness Terhadap Keputusan Pembelian Xing Fu Tang di Indonesia,” Prologia, vol. 4, no. 1, pp. 18–24, 2020, doi: 10.28926/briliant.v7i2.1001.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.






_uk501.png)

.2022-2026_uk200_pxl_.jpg)















.png)
3.png)
