Analisis Customer Relationship Management Terhadap Kepuasan Dan Loyalitas Pelanggan Pada Toko Sukaroti
Abstract
Customer Relationship Management (CRM) merupakan faktor kunci dalam keberhasilan strategi pemasaran dan pertumbuhan bisnis. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis faktor yang dapat mempengaruhi kepuasan dan loyalitas pelanggan. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana pengaruh Customer Relationship Management (CRM) yang meliputi proses, teknologi, sumber daya manusia, kepuasan pelanggan, loyalitas pelanggan pada Toko Sukaroti. Analisis data dilakukan dengan Partial Least Square (PLS) yang dijalankan dengan software SmartPLS versi 3.0. Hasil analisis menunjukkan kejelasan akan wawasan yang diberikan bagi Toko Sukaroti dalam meningkatkan implementasi CRM untuk memaksimalkan kepuasan dan loyalitas pelanggan.
Downloads
References
[2] Kotler, P., Amstrong., 2014. Prinsip-Prinsip Pemasaran 1st ed., Vol. 12. Penerbit Erlangga, Jakarta.
[3] Kotler, P. dan Armstrong, G. 2011. Marketing an Indroduction 10th Edition. Perason. Jakarta.
[4] Ramenusa, O. 2013. Kualitas Layanan dan Kepuasan Pelanggan Pengaruhnya terhadap Loyalitas Pelanggan. Jurnal EMBA.1(3).1193-1202. https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/emba/article/view/2526/2062.
[5] Siregar, D. N. P. Cahyani, W. dan Chaniago, A. U, 2020. Pengaruh Customer Relationship Management (CRM) terhadap Loyalitas Pengguna Irian Card (I-Card) Pada Irian Dept Store dan Supermarket Medan Marelan. urnal SAINTIKOM (Jurnal Sains Manajemen Informatika dan Komputer) Vol.19. No.1, Februari 2020, pp. 17-23 P-ISSN:1978-6603 E-ISSN: 2615-3475.
https://ojs.trigunadharma.ac.id/index.php/jis/article/view/221
[6] Kasih, N. L. S. Winata, I.G. K. A. dan Sanjaya, N. M.W. S. 2021. Peran Customer Relationship Management, Service Quality, Nilai Pelanggan Dalam Meningkatkan Loyalitas Pelanggan. Jurnal STIE Semarang Vol 13 No 3 Edisi Oktober 2021 ISSN: 2085-5656, e-ISSN :2252-7826 DOI: 10.33747.
https://jurnal3.stiesemarang.ac.id/index.php/jurnal/article/view/528
[7] Buttle, F. 2004. Costumer Relationship Management terjemahan: Arief Subianto . Bayumedia Publishing. Yogyakarta
[8] Gautama, R. (2005). Manajemen Hubungan Pelanggan: Strategi Memenangkan Persaingan Bisnis. Penerbit Ghalia Indonesia. Jakarta.
[9] Kotler, P. 2009. Marketing Management. 13th Ed. New Jersey: Pearson Prentice Hall.
[10] I. Ghozali, dan H. Latan. 2015. Partial Least Squares Konsep, Teknik dan Aplikasi Menggunakan Program SmartPLS 3.0 untuk Penelitian Empiris. Semarang: Universitas Diponegoro.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.