Meningkatkan Literasi dan Numerasi serta Adaptasi Teknologi di SDN 14 Talang Muandau melalui program Kampus mengajar
Abstract
Literasi dan numerasi merupakan pengetahuan dasar yang harus dimiliki oleh siswa,khususnya dibangku sekolah dasar.Dimana hal tersebut sangat berguna sebagai bekal siswa dalam memahami sebuah informasi, mengolah serta mengaplikasikan konsep bilangan serta keterampilan operasi hitung didalam kehidupan sehari-hari.Karena literasi dan numerasi sangat penting maka dari itu, pemerintah melakukan banyak observasi lapangan dan menemukan rendahnya pengetahuan literasi dan numerasi siswa di Indonesia saat ini khususnya daerah 3T,maka dari itu pemerintah melalui Menteri Pendidikan dan Kebudayaan yaitu Mentri Nadiem Anwar Makarim membuat sebuah program merdeka belajar yang dimana kampus mengajar merupakan salah satunya.Tujuan diadakannya kampus mengajar adalah untuk menghadirkan mahasiswa sebagai bagian dari penguatan pembelajaran literasi dan numerasi serta membantu pembelajaran disekolah khususnya SD didaerah 3T.Adapun kegiatan yang telah dilaksanakan peneliti dalam program ini meliputi : kegiatan literasi dan numerasi,adaptasi teknologi, dan administrasi sekolah.Maka dari itu,tujuan penelitian ini adalah untuk melihat bagaimana perkembangan serta melihat kemampuan literasi dan numerasi siswa kelas IV di SDN 14 Talang Muandau yang ternyata masih banyak terdapat hambatan dalam proses pembelajaran literasi dan numerasi. Metode yang digunakan deskriftif kualitatif dengan peneliti bertindak sebagai observar.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kelas IV sangat tertarik dengan pembelajaran bermain sambil belajar dengan menggunakan media pembelajaran serta metode pembelajaran yang dilakukan secara berkelompok lebih efektif sehingga kemampuan literasi dan numerasi siswa meningkatan.
Kata kunci:; Literasi dan Numerasi: Kampus mengajar : Meningkatkan
Downloads
References
[2] Ayuningtyas, N., & Sukriyah, D. (2020). Analisis pengetahuan numerasi mahasiswa matematika calon guru. Matematika Dan Pendidikan Matematika, 9(02), 237–247. http://ejournal.unkhair.ac.id/index.php/deltapi/article/view/2299
[3] Ekowati, D. W., Astuti, Y. P., Utami, I. W. P., Mukhlishina, I., & Suwandayani, B. I. (2019). Literasi Numerasi di SD Muhammadiyah. ELSE (Elementary School Education Journal) : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 3(1), 93. https://doi.org/10.30651/else.v3i1.2541
[4] Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2017). Gerakan Literasi Nasional. (Online), (http://gln.kemdikbud.go.id)
[5] Mahmud, M. R., & Pratiwi, I. M. (2019). Literasi Numerasi Siswa Dalam Pemecahan Masalah Tidak Terstruktur. KALAMATIKA Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 69–88. https://doi.org/10.22236/kalamatika.vol4no1.2019pp69-88
[6] Margono, S. (2014). Metode Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta
[7] Fiangga, S., M. Amin, S., Khabibah, S., Ekawati, R., & Rinda Prihartiwi, N. (2019). Penulisan Soal Literasi Numerasi bagi Guru SD di Kabupaten Ponorogo. Jurnal Anugerah, 1(1), 9–18. https://doi.org/10.31629/anugerah.v1i1.1631
[8] Wahyuni, H.T, Setyosari, P & Kuswandi, D. (2016). Implementasi pembelajaran tematik kelas 1 SD. Edcomtech, 1(2), 129–136.
[9] Mizaniya, M. (2020). Analisis Materi Pokok Matematika Mi/Sd. AULADUNA: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 7(1), 98. https://doi.org/10.24252/auladuna.v7i1a10.2020
[10] Yunita Anindya, E. F., Suneki, S., & Purnamasari, V. (2019). Analisis Gerakan Literasi Sekolah Pada Pembelajaran Tematik. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3(2), 238. https://doi.org/10.23887/jisd.v3i2.18053

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.