PENGUKURAN QUALITY OF SERVICE (QoS) PADA JARINGAN HOTSPOT UNIVERSITAS SINGAPERBANGSA KARAWANG
Abstract
Kualitas layanan atau Quality of Service merupakan metode pengukuran tentang seberapa baik jaringan dan merupakan suatu usaha untuk mendefiniskan karakteristik dan sifat dari suatu layanan, banyaknya pengguna akses internet jaringan hotspot Universitas Singaperbangsa Karawang (Unsika) maka perlu diketahui kelayakan akses internet tersebut. Untuk mengetahui kelayakan akses internet hotspot dan faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi kualitas jaringan internet hotspot, maka dilakukan analisis kualitas layanan dari jaringan hotspot Unsika dengan penilaian QoS mengacu pada standar TIPHON, menggunakan metodologi terstruktur dengan model analisis interaktif mengacu pada tahapan metode Rekayasa Sistem Jaringan Komputer (RSJK). Analisis layanan hotspot dilingkungan kampus Unsika dengan kapasitas bandwidth IIX 100Mbps, IX 8Mbps, SDIX 70Mbps, menghasilkan nilai-nilai paramater QoS yang terdiri delay sebesar 0.0 ms dengan indeks bagus, jitter sebesar 0.0 ms dengan indeks jelek, throughput sebesar 50 % dengan indeks sedang, packet loss sebesar 0 dengan indeks sangat bagus, dengan hasil analisis tersebut maka dapat disimpulkan bahwa jaringan internet hotspot Unsika masih layak dipergunakan.