ANALISIS FAKTOR-FAKTOR KEPUTUSAN KONSUMEN TERHADAP PEMBELIAN KULINER/MAKANAN SEHAT DI KALANGAN MAHASISWA UNIVERSITAS “XY”
Abstract
Gaya hidup sehat menjadi tren di kalangan mahasiswa berkat banyaknya media informasi yang mereka ketahui. Lebih banyak mengkonsumsi kuliner/makanan sehat semakin menjadi perhatian bagi mereka, karena mereka menyadari bahwa untuk mendukung aktivitas akademik sehari-hari membutuhkan asupan gizi dan nutrisi yang seimbang Tujuan penelitian ini untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi mahasiswa memutuskan untuk membeli kuliner/makanan sehat. Responden dalam penelitian ini adalah mahasiswa dari Universitas “XY” dengan karateristik mahasiswa mayoritas wanita, berusia di bawah 30 tahun yang berasal dari Pulau Jawa. Berdasarkan hasil prasurvei karakteristik kuliner/makanan yang mengandung nilai gizi dan nutrisi yang baik dan asal-usul olahan yang berasal dari bahan segar dan orgnik menjadi pertimbangan utama mahasiswa mengambil keputusan membeli kuliner/makanan sehat. Metode penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif yang diukur menggunakan software SmartPLS 4. Hasil analisis penelitian di dapatkan uji validitas memliki nilai loading factor di atas 0,7, uji reliabilitas memiliki nilai Cronbach’alpha sebesar 0,808 dan nilai Composite Reliablity sebesar 0,874, uji multikolonieritias memiliki nilai VIF berada di bawah 10, dan uji hipotesis T-Statistic sebesar 1,96. Dari hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa karakteristik kuliner/makanan yang memiliki kandungan nutrisi dan gizi yang baik serta asal-usul olahan kuliner dari bahan segar dan organic yang dipilih mahasiswa Universitas “XY” menjadi keputusannya untuk membeli kuliner/makanan sehat tersebut.
Downloads
References
[2] V. F. Muliati, K. B. Seminar, dan D. Martianto, “Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Buah Dan Sayur Sebagai Pendukung Smart E-Commerce,” J. Inf. Syst. Applied, Manag. Account. Res., vol. 8, no. 1, hal. 99, 2024, doi: 10.52362/jisamar.v8i1.1400.
[3] F. Elva Syavita dan M. Hanif, “Pengaruh Strategi Marketing & Perilaku Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Produk Healthy Food di Indonesia: Hit and Run or Sustainable Business,” Technomedia J., vol. 8, no. 2SP, hal. 205–220, 2023, doi: 10.33050/tmj.v8i2sp.2017.
[4] P. Widyastuti, “Kualitas dan Harga sebagai Variabel Terpenting pada Keputusan Pembelian Sayuran Organik,” Ekspektra J. Bisnis dan Manaj., vol. 2, hal. 17–28, 2018, doi: 10.25139/ekt.v2i1.675.
[5] E. P. Astuti, M. Masyhuri, dan J. H. Mulyo, “Analisis Sikap Konsumen Pasar Swalayan terhadap Sayuran Organik,” J. Ekon. Pertan. dan Agribisnis, vol. 3, no. 1, hal. 183–194, 2019, doi: 10.21776/ub.jepa.2019.003.01.18.
[6] C. Ermiati, D. Amanah, S. Utami, dan D. A. Harahap, “Minat Beli Konsumen Terhadap Sayuran Organik Pada Pasar Tradisional Ditinjau Dari Persepsi Harga Dan Sikap Konsumen (Studi Pada Pasar Sambas Medan),” Tirtayasa Ekon., vol. 16, no. 2, hal. 282, 2021, doi: 10.35448/jte.v16i2.10324.
[7] M. A. Arum Sari, E. Antriyandarti, dan R. Khairiyakh, “Preferensi Konsumen Terhadap Pembelian Sayuran Organik Di Kota Surakarta Pada Masa Pandemi Covid-19,” Paspalum J. Ilm. Pertan., vol. 10, no. 2, hal. 249, 2022, doi: 10.35138/paspalum.v10i2.463.
[8] B. I. S. Handoko dan I. Setiawan, “KESEDIAAN MEMBAYAR (WILLINGNESS TO PAY) KONSUMEN MILENIAL DALAM MENGKONSUMSI SAYURAN ORGANIK (Suatu Kasus pada Warung Sehat 1000 Kebun, Kota Bandung),” Mimb. Agribisnis J. Pemikir. Masy. Ilm. Berwawasan Agribisnis, vol. 7, no. 1, hal. 911, 2021, doi: 10.25157/ma.v7i1.4873.
[9] Choirunnisa dan Z. Arifin, “Preferensi Konsumen Terhadap Pembelian Sayuran Organik Dan Sayuran Non Organik Di Kota Malang,” J. Ketahanan Pangan, vol. 5, no. 2, hal. 65–75, 2021, [Daring]. Tersedia pada: http://riset.unisma.ac.id/index.php/JU-ke/index
[10] N. Shania Mashunna, L. Nurlaela, L. Tri Pangesthi, dan M. Gita Miranti, “Analisis Faktor yang Mempengaruhi Pengambilan Keputusan Konsumen dalam Pembelian Makanan Sehat di Kabupaten Gresik pada Masa Pandemi Covid-19,” J. Law Soc. Polit., vol. 2, no. 1, hal. 62–78, 2024, doi: 10.46799/jlsp.v2i1.36.
[11] A. Ilhamsyah, J. Karepesina, S. Mony, dan D. Sulistiyorini, “Hubungan Antara Pola Hidup Sehat Terhadap Prestasi Belajar Pada Mahasiswa,” J. Masy. Sehat Indones., vol. 2, no. 03, hal. 103–107, 2023, doi: 10.70304/jmsi.v2i03.42.
[12] A. Rokhma, S. Hindarti, dan D. K. Sari, “ANALISIS PENGARUH PERSEPSI DAN GAYA HIDUP SEHAT MAHASISWA TERHADAP KEPUTUSAN KONSUMSI MAKANAN SEHAT (STUDI KASUS MAHASISWA PERTANIAN UNIVERSITAS ISLAM MALANG) Volume 12 No 07 Tahun 2024,” vol. 12, no. 07, hal. 1–10, 2024.
[13] A. Tarmizi dan D. Aprillita, “Analysis of Consumer Decisions in Determining Culinary Choices At" X" University,” J. Sci., vol. 12, no. 03, hal. 4330–4333, 2023, [Daring]. Tersedia pada: http://infor.seaninstitute.org/index.php/pendidikan/article/view/1971%0Ahttp://infor.seaninstitute.org/index.php/pendidikan/article/download/1971/1681
[14] E. Karla dan B. King, “PENGARUH PERSEPSI HARGA DAN BRAND IMAGE TERHADAPKEPUTUSAN PEMBELIAN DI MC DONALD ’ S MARGONDA DEPOK,” vol. 8, no. 4, hal. 955–962, 2024, doi: 10.52362/jisamar.v8i4.1511.
[15] M. S. N. Dwi Aprillita, “Pengaruh Citra dan Biaya Pendidikan Terhadap Keputusan Memilih Kuliah (Studi Kasus :Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Kristen Krida Wacana Semester I ),” Manag. Sustain. Dev. J., vol. 5, no. 1, hal. 76–91, 2023, doi: https://doi.org/10.46229/msdj.v5i1.583.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.