STRATEGI PROMOSI DENGAN PENGELOMPOKAN PELANGGAN MENGGUNAKAN CLUSTERING KMEANS
Abstract
Dalam konteks promosi, penggunaan KMeans untuk mengelompokkan pelanggan dapat memberikan wawasan yang berharga bagi perusahaan. Objek penelitian ini adalah salah satu UMKM yakni Toko yang menjual produk FMCG. Data ini akan digunakan untuk melakukan clustering menggunakan algoritma KMeans, dan kemudian strategi promosi yang disesuaikan akan dirumuskan berdasarkan hasil pengelompokan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk menerapkan strategi promosi dengan menggunakan pengelompokan pelanggan menggunakan algoritma KMeans. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa pengelompokan pelanggan menggunakan KMeans dapat menghasilkan k kelompok pelanggan yang memiliki karakteristik dan preferensi serupa. Temuan ini memberikan panduan berharga bagi perusahaan dalam merancang strategi promosi yang lebih tepat sasaran dan efisien, yang dapat meningkatkan kepuasan pelanggan dan memaksimalkan potensi penjualan.
Downloads
References
[2] K. P. Sinaga and M.-S. Yang, “Unsupervised K-Means Clustering Algorithm,” IEEE Access, vol. 8, pp. 80716–80727, 2020, doi: 10.1109/ACCESS.2020.2988796.
[3] H. Annur, “PENERAPAN DATA MINING MENENTUKAN STRATEGI PENJUALAN VARIASI MOBIL MENGGUNAKAN METODE K-MEANS CLUSTERING,” J. Inform. Upgris, vol. 5, no. 1, Jul. 2019, doi: 10.26877/jiu.v5i1.3091.
[4] A. K. dan D. E. Salim, “Mempertahankan Segmentasi Pasar Dan Kepuasan,” pp. 16–39.
[5] F. Handayani, “Aplikasi Aplikasi Data Mining Menggunakan Algoritma K-Means Clustering untuk Mengelompokan Mahasiswa Berdasarkan Gaya Belajar,” J. Teknol. dan Inf., vol. 12, no. 1, pp. 46–63, Mar. 2022, doi: 10.34010/jati.v12i1.6733.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.