STRATEGI PROMOSI DENGAN PENGELOMPOKAN PELANGGAN MENGGUNAKAN CLUSTERING KMEANS

  • Muhamad Arya Fadila Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Apriade Voutama Universitas Singaperbangsa Karawang

Abstract

Dalam konteks promosi, penggunaan KMeans untuk mengelompokkan pelanggan dapat memberikan wawasan yang berharga bagi perusahaan. Objek penelitian ini adalah salah satu UMKM yakni Toko yang menjual produk FMCG. Data ini akan digunakan untuk melakukan clustering menggunakan algoritma KMeans, dan kemudian strategi promosi yang disesuaikan akan dirumuskan berdasarkan hasil pengelompokan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk menerapkan strategi promosi dengan menggunakan pengelompokan pelanggan menggunakan algoritma KMeans. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa pengelompokan pelanggan menggunakan KMeans dapat menghasilkan k kelompok pelanggan yang memiliki karakteristik dan preferensi serupa. Temuan ini memberikan panduan berharga bagi perusahaan dalam merancang strategi promosi yang lebih tepat sasaran dan efisien, yang dapat meningkatkan kepuasan pelanggan dan memaksimalkan potensi penjualan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

[1] D. Astuti, “Penentuan Strategi Promosi Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (UMKM) Menggunakan Metode CRISP-DM dengan Algoritma K-Means Clustering,” J. Informatics, Inf. Syst. Softw. Eng. Appl., vol. 1, no. 2, pp. 60–72, May 2019, doi: 10.20895/inista.v1i2.71.
[2] K. P. Sinaga and M.-S. Yang, “Unsupervised K-Means Clustering Algorithm,” IEEE Access, vol. 8, pp. 80716–80727, 2020, doi: 10.1109/ACCESS.2020.2988796.
[3] H. Annur, “PENERAPAN DATA MINING MENENTUKAN STRATEGI PENJUALAN VARIASI MOBIL MENGGUNAKAN METODE K-MEANS CLUSTERING,” J. Inform. Upgris, vol. 5, no. 1, Jul. 2019, doi: 10.26877/jiu.v5i1.3091.
[4] A. K. dan D. E. Salim, “Mempertahankan Segmentasi Pasar Dan Kepuasan,” pp. 16–39.
[5] F. Handayani, “Aplikasi Aplikasi Data Mining Menggunakan Algoritma K-Means Clustering untuk Mengelompokan Mahasiswa Berdasarkan Gaya Belajar,” J. Teknol. dan Inf., vol. 12, no. 1, pp. 46–63, Mar. 2022, doi: 10.34010/jati.v12i1.6733.
Published
2023-07-19
How to Cite
FADILA, Muhamad Arya; VOUTAMA, Apriade. STRATEGI PROMOSI DENGAN PENGELOMPOKAN PELANGGAN MENGGUNAKAN CLUSTERING KMEANS. Journal of Information System, Applied, Management, Accounting and Research, [S.l.], v. 7, n. 3, p. 672-680, july 2023. ISSN 2598-8719. Available at: <https://www.journal.stmikjayakarta.ac.id/index.php/jisamar/article/view/1151>. Date accessed: 23 aug. 2025. doi: https://doi.org/10.52362/jisamar.v7i3.1151.

Most read articles by the same author(s)