Pengaruh direct marketing dan personal selling apartemen wang residence terhadap keputusan pembelian konsumen pada PT. Citicon Propertindo

  • Helmi Helmi Institut Teknologi dan Bisnis Ahmad Dahlan Jakarta
  • Nurwati Nurwati Institut Teknologi dan Bisnis Ahmad Dahlan Jakarta
  • Mohamad Haviz Maualana Razak Institut Teknologi dan Bisnis Ahmad Dahlan Jakarta
  • Nurlis Azhar Institut Teknologi dan Bisnis Ahmad Dahlan Jakarta

Abstract

Pengaruh antara direct marketing dan personal selling terhadap keputusan pembelian konsumen pada PT. Citicon Propertindo serta menganalisis variabel yang mempunyai pengaruh paling dominan terhadap keputusan pembelian konsumen pada PT. Citicon Propertindo. Teknik pengumpulan data primer dengan kuesioner sebanyak 30 responden dengan tehnik purposive sampling. Tanggapan dari respon den kemudian di analisis secara kuantitatif yang meliputi uji analisis linear berganda, uji t dan uji F. Berdasarkan hasil analisis regresi linear berganda dan uji t menunjukkan variable direct marketing berpengaruh sebesar 0,597 dengan thitung 3,817 > ttabel dan variable personal selling berpengaruh sebesar 0,440 dengan thitung 4,018 > thitung. Kemudian dari uji F variable direct marketing dan personal selling secara simultan berpengaruh signifikan terhadap variable dependent keputusan pembelian konsumen dimana Fhitung 29,106 > Ftabel. Variabel yang paling dominan tehadap keputusan pembelian konsumen adalah variable direct marketing sebesar 0,597.

Downloads

Download data is not yet available.

References

[1] Buchari, Alma. 2016. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa.Bandung: CV. Alfabeta.
[2] Hermawan, Agus. 2013. Komunikasi Pemasaran. Jakarta: Erlangga.
[3] Kotler, P., Bowen, J. T., Makens, J. C. 2014. Marketing for Hospitality and Tourism.5th Edition. New Jersey: Pearson Prentice Hall.
[4] Kotler, Philip and Gary Armstrong.2014.Principle Of Marketing. 15th Edition.New Jersey : Pearson Prentice Hall.
[5] Kuncoro, Mudrajad. 2014. Metode Riset untuk Bisnis dan Ekonomi.Edisi 4. Jakarta: Erlangga.
[6] Lupiyoadi, rambat. 2014. Manajemen PemasaranJasa. Edisi 3. Jakarta: Salemba 4. Malau, Harman. 2017. Manajemen Pemasaran. Bandung: CV. Alfabeta.
[7] Shimp, Terence A. 2014. Komunikasi Pemasaran Terpadu Dalam Periklanan dan Promosi. Jakarta: Salemba Empat.
[8] Sudaryono. 2016. Managemen Pemasaran:Teori dan Implementasi. Banten: Andi Sugiono. 2015. Metode PenelitianManajemen. Bandung: Alfabeta.
[9] Sugiono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
[10] Tjiptono.2014.Pemasaran Jasa Prinsip, Penerapan dan Penelitian.Edisi1.
[11] Yogyakarta:Andi Publiser.
[12] Sumber lain, internet:
[13] Ahira, Anne. 12 April 2013. Apartemen, Kondominuim, Rumah Susun. www.anneahira.com/rumah-susun-27400. 11 April 2014.
[14] Hendry. 20 Agustus 2012. Menentukan Ukuran Sampel Sederhana. teorionline.net/menentukan-ukuran-sampel-menurut-para-ahli/. 14 April 2014.
Published
2023-02-01
How to Cite
HELMI, Helmi et al. Pengaruh direct marketing dan personal selling apartemen wang residence terhadap keputusan pembelian konsumen pada PT. Citicon Propertindo. Journal of Information System, Applied, Management, Accounting and Research, [S.l.], v. 7, n. 1, p. 80-88, feb. 2023. ISSN 2598-8719. Available at: <https://www.journal.stmikjayakarta.ac.id/index.php/jisamar/article/view/1006>. Date accessed: 05 july 2025. doi: https://doi.org/10.52362/jisamar.v7i1.1006.