SISTEM MARKETPLACE UMKM UNTUK PENJUALAN PRODUK POHON LONTAR DARI DESA INGGUINAK KECAMATAN ROTE BARAT LAUT
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk membangun sistem marketplace UMKM untuk penjualan produk pohon lontar dari Desa Ingguinak, Kecamatan Rote Barat Laut. Meskipun pohon lontar memiliki manfaat penting dalam kehidupan ekonomi masyarakat, distribusi produknya masih dilakukan secara manual. Keterbatasan infrastruktur penjualan, akses teknologi, dan keahlian pemasaran daring menghambat pertumbuhan industri ini, sementara permintaan untuk produk lokal terus meningkat. Untuk mengatasi tantangan ini, penelitian ini akan merumuskan masalah, tujuan, dan manfaat dari sistem yang diusulkan, serta ruang lingkup yang mencakup pengelolaan oleh admin dan penjual, serta metode pembayaran yang efisien. Dengan pendekatan kualitatif melalui wawancara, observasi, dan studi literatur, serta menggunakan metode pengembangan perangkat lunak waterfall, diharapkan penelitian ini dapat meningkatkan akses pasar dan mendukung pertumbuhan industri lokal. Tujuan penelitian adalah mengembangkan sistem marketplace UMKM yang interaktif dengan fitur sesuai standar pengalaman pengguna, sehingga memberikan kenyamanan dan kemudahan bagi penjual, pelanggan, dan pengunjung website dalam berbelanja. Sistem ini diharapkan dapat meningkatkan pemasaran produk dan menjangkau pasar yang lebih luas.
References
[2] Guru, V., 2020. Gubernur VBL: Lontar Pohon Kehidupan Masyarakat NTT. BAPPELITBANGDA Provinsi NTT.
[3] Deni, A. & Arie, Y. S., 2017. E-commerce Berbasis Marketplace Dalam Upaya Mempersingkat Distribusi Penjualan Hasil Pertanian. Jurnal Neliti, Volume 1(2), p. 132.
[4] Boling, A. A., 2024. Sistem Marketplace UMKM Penjulan Kain Tenun Khas Daerah Kabupaten Timor Tengah Selatan. Tugas Akhir. Kupang (ID): STIKOM Uyelindo Kupang.
[5] Natalia, D., 2023. Perancangan Sistem Informasi Penjualan dalam Memasarkan UMKM Kerajinan Tangan Khas Kota Medan. Jurnal SNISTIK, Volume 1(1), p. 183.
[6] Bengu, H., 2024. Mewujudkan UMKM Mandiri Melalui Integrated Online Marketing di Kabupaten Sabu Raijua. Timor Cerdas, Volume 3(1), p. 1.
[8] Ardilla, S. & Hadinata, N., 2022. Sistem Informasi Marketplace Produk Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM). Jurnal Digital Teknologi Informasi, Volume 5(2), pp. 86–95.
[7] Muttaqin, M. F. & Taqrim, I., 2022. Sistem Informasi Marketplace UMKM Kabupaten Oku Selatan Berbasis Website. Jurnal Syntax Literate, Volume 7(9), p. 13140.
[9] Lopes, M. S., 2024. Marketplace Dekranasda Provinsi NTT Berbasis Website. Tugas Akhir. Kupang (ID): STIKOM Uyelindo Kupang.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.