SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PEMILIHAN SEKOLAH TAMAN KANAK-KANAK UMUM TERBAIK DI KOTA BINJAI MENGGUNAKAN METODE VIKOR
Abstract
Pendidikan merupakan hal penting bagi manusia karena melalui pendidikan manusia memiliki bekal dalam kehidupannya. Dunia pendidikan memiliki empat bagian yaitu Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), Pendidikan Dasar (SD), Pendidikan Menengah (SMP & SMA) dan Pendidikan Tinggi. Pendidikan Anak Usia Dini terdiri dari playgroup dan taman kanak-kanak. Taman Kanak-kanak merupakan salah satu bentuk satuan pendidikan formal bagi anak usia 4-5 tahun. Pendidikan anak usia dini memegang peran penting dalam membentuk dasar pendidikan anak-anak. Orang tua sering menghadapi kesulitan dalam memilih taman kanak-kanak terbaik untuk anak-anak mereka karena banyak faktor yang harus dipertimbangkan, seperti keamanan, kenyamanan, akreditasi, fasilitas, jarak, dan biaya. Dalam penelitian ini, kami mengusulkan penggunaan Sistem Pendukung Keputusan (SPK) dengan metode VIKOR untuk membantu orang tua dalam memilih taman kanak-kanak terbaik di kota Binjai. Metode VIKOR dikombinasikan dengan metode AHP untuk menentukan bobot kriteria dan subkriteria secara konsisten. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan SPK yang dapat memberikan peringkat pada setiap taman kanak-kanak berdasarkan kriteria yang ditentukan, sehingga memudahkan orang tua dalam mengambil keputusan yang lebih baik. Hasil dari penelitian ini diharapkan dapat memberikan panduan kepada orang tua dalam memilih taman kanak-kanak terbaik untuk anak-anak mereka dan memberikan kontribusi pada pengembangan pendidikan anak usia dini. Berdasarkan data di atas, dapat dilihat bahwa alternatif pertama yang menjadi prioritas Tk Terbaik di Kota Binjai dengan nilai Q = 0 dan berhak direkomendasikan. Dan menjadi prioritas selanjutnya adalah alternatif kedua dengan nilai Q = 0,079.
References
[2] Hutapea, B. J., Hasmi, M. A., & Karim, A. (2018). Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Jenis Kulit Terbaik Untuk Pembuatan Sepatu Dengan Menggunakan Metode VIKOR. 5(1), 6–12.
[3] Hutapea, B. J., Nurhabibah, S., Informatika, P. T., & Cabang, K. (2018). Sistem pendukung keputusan pemilihan kepala cabang terbaik bank sumut dengan menerapkan metode vikor. 2, 185–192.
[4] Imandasari, T., & Windarto, A. P. (2018). Penerapan Metode VIKOR Pada Pemilihan Popok Bayi Berdasarkan Jenis Kulit. 215–220.
[5] Kemampuan, A., Kepala, M., Taman, S., & Eliza, D. (2022). Jurnal basicedu. 6(3), 4653–4662.
[6] Kepemimpinan, G., & Taman, K. (2020). Gaya kepemimpinan kepala taman kanak-kanak. 4, 159–164.
[7] Limbong, T., Muttaqin, A. I., Windarto, A. P., Simarmata, J., Sulaiman, O. K., Siregar, D., Nofriansyah, D., & Darmawan Napitupulu, A. W. (2020). Sistem Pendukung Keputusan Metode & Implementasi (Alex Rikki. Yayasan KKita Menulis, Medan.
[8] Sutrikanti, N., Situmorang, H., & Nurdiyanto, H. (2018). Implementasi Pendukung Keputusan Dalam Pemilihan Calon Peserta Cerdas Cermat Tingkat SMA Menerapkan Metode VIKOR. 5(2), 109–113.
[9] Trisnani, A. A., Anwar, D. U., Ramadhani, W., Manurung, M. M., & Siahaan, A. P. U. (2018). Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Karyawan Berprestasi Menerapkan Metode Vise Kriterijumska Optimizajica I Kompromisno Resenje ( VIKOR ). 5(2), 85–90.
[10] Wortham, S. C. (2010). Early childhood curriculum: Developmental bases for learning and teaching. Prentice Hall.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.