PENGARUH PERAN HUMAS TERHADAP CITRA PERUSAHAAN PADA PT KERETA API INDONESIA DAOP 1 JAKARTA
Abstract
Hubungan masyarakat (humas) memiliki peranan yang sangat strategi bagi suatu perusahaan, karena menjadi penghubung dengan pihak-pihak yang terkait dengan perusahaan baik internal dan eksternal. Perusahaan kereta api yang memiliki pengguna jasa sangat besar dari berbagai strata masyarakat membutuhkan Humas dalam membantu memberikan pelayanan. Peranan humas sangat dibutuhkan guna menciptakan opini publik terhadap perusahaan yang sangat diperlukan dalam membangun dan mempertahankan citra positif. Oleh karenanya penelitian ini dimaksudkan untuk bertujuan mengetahui seberapa besar pengaruh peran Humas terhadap citra perusahaan. Metode penelitian yang digunakan analisa deskriptif kuantitatif, dengan menggunakan metode pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dan kuesioner. Berdasarkan perhitungan koefisien korelasi nilai r = 0,460 yang menyatakan bahwa terdapat hubungan yang sedang, antara variabel X (Peran Humas) dengan variabel Y (Citra Perusahaan), hasil uji koefisien determinasi menunjukkan nilai R (Adjusted R Square) sebesar 0,212 sehingga dapat disimpulkan bahwa pengaruh variabel independen yaitu peran humas sebesar 21,2% dan pengujian hipotesis melalui SPSS 24 diperoleh persamaan regresi Y = 19,205 + 0,739 X.