Analisa Dan Perancangan Sistem Informasi Pelayanan Pengaduan Masyarakat Di Kecamatan Rajeg Berbasis Web

  • Zunidar Zunidar Universitas Insan Pembangunan Indonesia
  • Nuri Wiyono Universitas Insan Pembangunan Indonesia

Abstract

Pengaduan masyarakat adalah penyampaian keluhan oleh masyarakat kepada suatu pemerintahan atas pelayanan yang tidak sesuai dengan standar pelayanan atau ketidakpuasan terkait dengan pelayanan dari suatu instansi pemerintahan. Saat ini kecamatan Rajeg masih menggunakan form kertas untuk bisa menyampaikan keluhan mereka, hal ini dirasa kurang efektif dan efisien. Serta pencatatan laporan dengan menggunakan kertas memiliki resiko yang mungkin bisa terjadi seperti dokumen rusak atau bahkan hilang. Selain rusak atau hilang masalah lainnya yang sering terjadi yaitu susuhnya mencari dokumen tersebut saat dibutuhkan sehingga membutuhkan waktu yang lama untuk menemukannya, berkas pengaduan banyak yang telat untuk direspon atau bahkan banyak yang tidak ditanggapi. Oleh karena itu penelitian ini dilakukan untuk dapat menjadi solusi yang dapat mempermudah masyarakat dalam menyampaikan pengaduan dengan membuat rancangan sistem informasi pelayanan pengaduan masyarakat. Dalam mengumpulkan data, peneliti melakukan observasi, survey, dan wawancara di Kecamatan Rajeg., Metode UML (Unified Modelling Language) digunakan dalam merancangan sistem informasi pengaduan ini, menggunakan PHP sebagai bahasa pemrograman dan MySQL sebagai pengelola database, fungsional sistem di uji menggunakan black box testing, berlanjut pada tahap penerapan dan pemeliharaan. Aplikasi ini diracang untuk memudahkan masyrakat yang melakukan pelaporan pengaduan atas keluhan atau ketidakpuasan atas pelayanan dari pemerintah Kecamatan Rajeg. Peneliti berharap dengan adanya sistem pelayanan pengaduan ini bisa meminimalisir lamanya waktu untuk menanggapi pengaduan masyarakat.

References

[1] Arif, M. Firman. "Analisis Perancangan dan Sistem Informasi." Penerbit CV. Penerbit Qiara Media. Pasuruan (2019).
[2] Sutabri, Tata . “Konsep sistem informasi”. Penerbit Andi, Yogyakarta 2012.
[3] Irviani, E. Y., & Anggraeni, E. Y., “Pengantar Sistem Informasi”. Andi Offset. Yogyakarta, 201
[4] Marakas, G. M., & O’Brien, J. A., “Pengantar Sistem Informasi, Buku 1, Edisi 16”. Jakarta: SalembaEmpat, 2017.
[5] Sinambela, Lijan Poltak. "Reformasi pelayanan publik." Bumi Aksara (2008).
[6] Wiyono, Nuri. "Analisa Dan Perancangan Sistem Laporan Harian Hasil Produksi Pada Pt Tokyo Radiator Selamat Sempurna Berbasis Web." Insan Pembangunan Sistem Informasi dan Komputer (IPSIKOM) 8.1 (2020).
[7] Herfandi, Herfandi, et al. "Rancang Bangun Sistem Informasi Pengaduan Layanan Sarpras Di Universitas Teknologi Sumbawa Berbasis Web." Jurnal Informatika Teknologi dan Sains 3.1 (2021): 308-315.
[8] Wati, Nurlela. "Sistem Informasi Pengaduan Masyarakat Pada Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Di Indragiri Hilir Berbasis Web." Jurnal Perangkat Lunak 2.2 (2020): 72-76.
[9] Aldisa, Rima Tamara, and Afif Arofi. "Penerapan Metode Prototyping Pada Perancangan Sistem Layanan Pengaduan Berbasis Website." JURIKOM (Jurnal Riset Komputer) 9.2 (2022): 373-379.
[10] Ningsih, Eka Yulianti, Imam Rosyadi, and Hadwitya Handayani Kusumawardhani. "Sistem Informasi Pengaduan Online Pada Masyarakat Kecamatan Kajen Kabupaten Pekalongan Berbasis Web Dan Android." Jurnal Surya Informatika: Membangun Informasi dan Profesionalisme 8.1 (2020): 27-35.
Published
2023-02-02
How to Cite
ZUNIDAR, Zunidar; WIYONO, Nuri. Analisa Dan Perancangan Sistem Informasi Pelayanan Pengaduan Masyarakat Di Kecamatan Rajeg Berbasis Web. Jurnal Manajamen Informatika Jayakarta, [S.l.], v. 3, n. 1, p. 87-97, feb. 2023. ISSN 2797-0930. Available at: <https://www.journal.stmikjayakarta.ac.id/index.php/JMIJayakarta/article/view/1018>. Date accessed: 06 july 2025. doi: https://doi.org/10.52362/jmijayakarta.v3i1.1018.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.